FAKTOR SEKOLAH



FAKTOR SEKOLAH, FAKTOR EKSTERNAL YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR

Salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi hasil belajar adalah faktor sekolah.  Sekolah adalah suatu sistem, terdiri dari beberapa sistem yang saling support. Sub sistem tersebut saling berkoordinasi, agar tercapai tujuan sekolah sebagai lembagai pendidikan.

Sub system utama adalah pendidik dan tenaga kependidikan.  Pendidik sangat berpengaruh besar terhadap kegiatan pembelajaran di sekolah.  Guru adalah arsitek, perancang kegiatan pembelajaran di sekolah.  Guru  mengetahui kompetensi yang harus dicapai oleh peserta didik, guru memilih metode pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan kompetensi yang akan diajarkan.

 Guru yang baik harus bisa mengenal karakteristik peserta didik, mengetahui kelengkapan dan ketersediaan fasilitas, buku pelajaran, alat dan bahan untuk mendukung kegiatan pembelajaran.  Guru harus bisa mencari sumber belajar yang bisa dimanfaatkan di sekolah untuk kegiatan belajar.  Setelah guru mengetahui hal-hal yang disampaikan tersebut, guru bisa merancang metode pembelajarannya, melaksanakan kegiatan pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Selain guru, ada kepala sekolah yang bisa mengarahkan, memotivasi dan membimbing guru untuk melaksanakan kegiatan belajar dengan baik.  Ada pula tenaga kependidikan yang mengerjakan administrasi data sekolah.  Kegiatan belajar di sekolah akan berlangsung tertib dan nyaman apabila sekolah dalam kondisi aman dan bersih. Hal itu bisa terjadi karena dijaga dan dibersihkan oleh penjaga sekolah dan petugas kebersihan.

Sub sistem lainnya adalah budaya sekolah.  Budaya sekolah juga berperan penting dalam kegiatan belajar di sekolah.  Budaya senyum, santun, ramah, saling hormat, saling menolong dan saling sayang antar warga sekolah akan membuat peserta didik merasa senang, aman dan nyaman di sekolah.  Tidak ada intimidasi, kekerasan dan bullying di sekolah. 

#Day30#Jilid28#day13

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

AKU TAKUT

DEADLINE

HANYA TITIPAN