FAKTOR SEKOLAH
FAKTOR SEKOLAH, FAKTOR
EKSTERNAL YANG MEMPENGARUHI HASIL BELAJAR
Salah satu faktor
eksternal yang mempengaruhi hasil belajar adalah faktor sekolah. Sekolah adalah suatu sistem, terdiri dari
beberapa sistem yang saling support. Sub sistem tersebut saling berkoordinasi,
agar tercapai tujuan sekolah sebagai lembagai pendidikan.
Sub system utama adalah
pendidik dan tenaga kependidikan.
Pendidik sangat berpengaruh besar terhadap kegiatan pembelajaran di sekolah. Guru adalah arsitek, perancang kegiatan
pembelajaran di sekolah. Guru mengetahui kompetensi yang harus dicapai oleh
peserta didik, guru memilih metode pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan
kompetensi yang akan diajarkan.
Guru yang baik harus bisa mengenal karakteristik peserta didik, mengetahui kelengkapan dan ketersediaan fasilitas, buku pelajaran, alat dan bahan untuk mendukung kegiatan pembelajaran. Guru harus bisa mencari sumber belajar yang bisa dimanfaatkan di sekolah untuk kegiatan belajar. Setelah guru mengetahui hal-hal yang disampaikan tersebut, guru bisa merancang metode pembelajarannya, melaksanakan kegiatan pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Selain guru, ada kepala
sekolah yang bisa mengarahkan, memotivasi dan membimbing guru untuk
melaksanakan kegiatan belajar dengan baik.
Ada pula tenaga kependidikan yang mengerjakan administrasi data
sekolah. Kegiatan belajar di sekolah
akan berlangsung tertib dan nyaman apabila sekolah dalam kondisi aman dan
bersih. Hal itu bisa terjadi karena dijaga dan dibersihkan oleh penjaga sekolah
dan petugas kebersihan.
Sub sistem lainnya adalah
budaya sekolah. Budaya sekolah juga
berperan penting dalam kegiatan belajar di sekolah. Budaya senyum, santun, ramah, saling hormat,
saling menolong dan saling sayang antar warga sekolah akan membuat peserta didik
merasa senang, aman dan nyaman di sekolah.
Tidak ada intimidasi, kekerasan dan bullying di sekolah.
#Day30#Jilid28#day13
Komentar
Posting Komentar