LATAR BELAKANG PENELITIAN (3)

 


Penelitian ini berfokus pada metode blended learning atau pembelajaran campuran, yang dilaksanakan pada pembelajaran jarak jauh di saat pandemic covid 19.  Pembelajaran pada murid Sekolah Dasar Kelas III, dengan fokus mata pelajaran matematika.  Diteliti kegiatan pembelajaran sebelum menggunakan metode blended learning dan setelah belajar menggunakan metode blended learning.  Dianalisa hasil belajarnya, apakah ada perubahan setelah dan sebelum menggunakan metode blended learning?

Sebelum menggunakan metode blended learning, guru cenderung pasif.  Hanya memberi video pembelajaran buatan orang lain.  Memberi tugas dan selesai.  Sedangkan anak belum jelas tentang materi pelajaran.  Mau bertanya ke guru bingung, karena guru tidak memberi akses.  Saat menyelesaikan tugas, nilai bagus.  Mungkin penyelesaian tugas dibantu oleh orang tua.  Tapi setelah diberi penilaian harian dengan soal yang bervariasi, hasil belajar murid di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal.

Kemudian diberikan metode pembelajaran blended learning. Akan dilihat hasil belajarnya, apakah ada perubahan, atau tidak ada perubahan? Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada murid kelas III sekolah dasar.

Penelitian ini pun diharapkan dapat memberi manfaat, untuk guru, murid, peneliti lain dan untuk sekolah.  Untuk guru, menambah wawasan dan pengetahuan tentang metode pembelajaran yang akan dipakai dalam kegiatan pembelajaran.  Meningkatkan hasil belajar siswa dan belajar dalam kegiatan yang bervariasi adalah manfaat untuk siswa.  Hasil penelitian bisa dipakai oleh peneliti lain, untuk lebih dikembangkan atau diterapkan pada mata pelajaran lain dan sekolah lain.  Untuk sekolah manfaatnya adalah meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.

#30DWC#Jilid28#day6


Komentar

Postingan populer dari blog ini

JEJAK DIGITAL