LATAR BELAKANG PENELITIAN (3)
Penelitian ini berfokus
pada metode blended learning atau pembelajaran campuran, yang
dilaksanakan pada pembelajaran jarak jauh di saat pandemic covid 19. Pembelajaran pada murid Sekolah Dasar Kelas
III, dengan fokus mata pelajaran matematika.
Diteliti kegiatan pembelajaran sebelum menggunakan metode blended learning
dan setelah belajar menggunakan metode blended learning. Dianalisa hasil belajarnya, apakah ada
perubahan setelah dan sebelum menggunakan metode blended learning?
Sebelum menggunakan
metode blended learning, guru cenderung pasif.
Hanya memberi video pembelajaran buatan orang lain. Memberi tugas dan selesai. Sedangkan anak belum jelas tentang materi
pelajaran. Mau bertanya ke guru bingung,
karena guru tidak memberi akses. Saat
menyelesaikan tugas, nilai bagus. Mungkin
penyelesaian tugas dibantu oleh orang tua.
Tapi setelah diberi penilaian harian dengan soal yang bervariasi, hasil
belajar murid di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal.
Kemudian diberikan metode
pembelajaran blended learning. Akan dilihat hasil belajarnya, apakah ada
perubahan, atau tidak ada perubahan? Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan
hasil belajar matematika pada murid kelas III sekolah dasar.
Penelitian ini pun
diharapkan dapat memberi manfaat, untuk guru, murid, peneliti lain dan untuk
sekolah. Untuk guru, menambah wawasan
dan pengetahuan tentang metode pembelajaran yang akan dipakai dalam kegiatan
pembelajaran. Meningkatkan hasil belajar
siswa dan belajar dalam kegiatan yang bervariasi adalah manfaat untuk
siswa. Hasil penelitian bisa dipakai
oleh peneliti lain, untuk lebih dikembangkan atau diterapkan pada mata
pelajaran lain dan sekolah lain. Untuk
sekolah manfaatnya adalah meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.
#30DWC#Jilid28#day6
Komentar
Posting Komentar