HASIL BELAJAR

 


Setiap kegiatan diharapkan menghasilkan sesuatu.  Demikian pula kegiatan belajar.  Kegiatan belajar bertujuan menghasilkan sesuatu, dan itu yang dinamakan hasil belajar.

Secara detail bisa dijelaskan pengertian hasil belajar, dirangkum dari definisi beberapa ahli pendidikan.  Hasil belajar adalah hasil yang diperoleh peserta didik dari kegiatan belajar.  Hasil belajar itu berbentuk perubahan perilaku dan perubahan kemampuan.  Wujudnya perubahan kemampuan kognitif (pengetahuan), afektif (tingkah laku) dan psikomotorik (keterampilan).

Kata kunci hasil belajar adalah perubahan.  Belum berhasil suatu kegiatan belajar, bila belum ada perubahan dari peserta didik.  Ada perubahan, dari tidak tahu menjadi tahu, dari tidak bisa menjadi bisa, dari tidak baik menjadi baik.  Itu makna belajar. Adanya perubahan dalam hasil belajar.

Hasil belajar diperoleh dari pengukuran, penilaian.  Instrumennya berupa test, baik test tertulis, test lisan, test kinerja dan test praktik.  Hasil belajar bisa dituliskan dalam bentuk angka, huruf atau deskripsi kalimat.  Hasil belajar itu menunjukkan sejauh mana peserta didik memahami dan mengerti materi pelajaran.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi hasil belajar.  Faktor pertama, faktor internal, berasal dari peserta didik itu sendiri.  Dipengaruhi faktor jasmani dan psikologis peserta didik.  Faktor kedua, faktor eksternal, meliputi keluarga, sekolah dan masyarakat.  Keluarga berperan penting, memberi motivasi, semangat, bimbingan dan memfasilitasi kebutuhan belajar peserta didik.  Sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar dengan kualitas mengajar guru, fasilitas belajar di sekolah, dan suasana menyenangkan di sekolah untuk belajar.  Masyarakat pun berpengaruh.  Masyarakat yang sadar pendidikan, mensupport dunia pendidikan akan membantu kegiatan belajar di sekolah, dan dampaknya ke hasil belajar yang baik.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

AKU TAKUT

DEADLINE

HANYA TITIPAN