HASIL BELAJAR
Setiap kegiatan diharapkan
menghasilkan sesuatu. Demikian pula
kegiatan belajar. Kegiatan belajar bertujuan
menghasilkan sesuatu, dan itu yang dinamakan hasil belajar.
Secara detail bisa
dijelaskan pengertian hasil belajar, dirangkum dari definisi beberapa ahli pendidikan. Hasil belajar adalah hasil yang diperoleh peserta
didik dari kegiatan belajar. Hasil
belajar itu berbentuk perubahan perilaku dan perubahan kemampuan. Wujudnya perubahan kemampuan kognitif
(pengetahuan), afektif (tingkah laku) dan psikomotorik (keterampilan).
Kata kunci hasil belajar
adalah perubahan. Belum berhasil suatu
kegiatan belajar, bila belum ada perubahan dari peserta didik. Ada perubahan, dari tidak tahu menjadi tahu,
dari tidak bisa menjadi bisa, dari tidak baik menjadi baik. Itu makna belajar. Adanya perubahan dalam
hasil belajar.
Hasil belajar diperoleh
dari pengukuran, penilaian. Instrumennya
berupa test, baik test tertulis, test lisan, test kinerja dan test
praktik. Hasil belajar bisa dituliskan
dalam bentuk angka, huruf atau deskripsi kalimat. Hasil belajar itu menunjukkan sejauh mana
peserta didik memahami dan mengerti materi pelajaran.
Ada beberapa faktor yang
mempengaruhi hasil belajar. Faktor
pertama, faktor internal, berasal dari peserta didik itu sendiri. Dipengaruhi faktor jasmani dan psikologis
peserta didik. Faktor kedua, faktor
eksternal, meliputi keluarga, sekolah dan masyarakat. Keluarga berperan penting, memberi motivasi,
semangat, bimbingan dan memfasilitasi kebutuhan belajar peserta didik. Sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar
dengan kualitas mengajar guru, fasilitas belajar di sekolah, dan suasana
menyenangkan di sekolah untuk belajar.
Masyarakat pun berpengaruh.
Masyarakat yang sadar pendidikan, mensupport dunia pendidikan akan membantu
kegiatan belajar di sekolah, dan dampaknya ke hasil belajar yang baik.
Komentar
Posting Komentar